Menu Close

Uji Coba Sekolah Tatap Muka Sma

Sehingga banyak peserta didik yang terhambat untuk melakukan kegiatan belajar dari rumah. Menutup sementara pembelajaran tatap muka terbatas ketika ditemukan kasus Covid-19. jumlah siswa saat sekolah tatap muka maksimal 50 % dari daya tampung per kelas. Durasi belajar dibatasi menjadi three sampai 4 jam dalam satu hari. Materi pembelajaran yang terbatas, yaitu hanya materi-materi esensial yang disampaikan pada pembelajaran tatap muka. Berdasarkan pemantauan KPAI, dari daftar piloting tersebut, menunjukkan bahwa jenjang pendidikan SD jadi yang terbanyak mengikuti uji coba PTM dan SMA yang paling sedikit.

Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM Terbatas memang dijadwalkan pada Juli 2021. Meski perkiraannya September-Oktober sudah mulai persiapan dan November uji coba simulasi. Dalam persiapan tersebut, pengawas sekolah akan melakukan supervisi dan penilaian kesiapan. Karena uji coba simulasi akan dilakukan pada sekolah yang siap dengan pelaksanaan yang terbatas. “Besok ibu gubernur akan mengunjungi hari pertama uji coba terbatas yang perkelas siswanya 9 hingga 18 siswa per kelas, yaitu ke SMAN 2 Probolinggo, SMK Negeri 2 Kota Probolinggo,” imbuhnya. Belajar dan Berinovasi di Tengah Pandemi COVID-19 Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan masa pandemi COVID-19 jadi waktu tepat untuk berinovasi dalam pendidikan.

Kegiatan wali kota mengajar juga untuk mengecek pembelajaran daring tersebut. Siswa yang mengikuti uji coba terbatas sekolah ini memiliki syarat wajib yaitu mendapatkan izin dari orang tua. Dan datanya disampaikan ke kepala cabang dinas di wilayahnya masing-masing. Politikus Gerindra itu juga membuka kemungkinan uji coba pembelajaran tatap muka diperluas. Sekolah di Dandwal, di negara bagian Maharashtra, India, menyediakan sarana khusus untuk murid yang tidak bisa mengakses web. Di sini, murid bisa mengikuti kegiatan belajar dan mengejar tugas-tugas yang tertinggal dengan mendengarkan rekaman yang kemudian diputar dan disiarkan dengan bantuan pengeras suara.

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia Aman B. Pulungan juga mengatakan bahwa pembukaan sekolah ini harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Pasalnya jumlah kasus COVID-19 pada anak di Indonesia sampai saat ini sudah mencapai kurang lebih 100 ribu. Dari jumlah itu, yang meninggal paling banyak adalah anak-anak yang berusia di bawah lima tahun, dan diikuti dengan kelompok anak pada usia tahun. Bandar Slot Online Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, uji coba PTM yang baru dimulai pekan lalu tersebut akan berjalan seperti biasa, seperti sebelum Ramadhan. “Misalnya gini, minimal tiga orang satu kepsek dan dua guru dan tiga tiganya harus lulus dalam seleksi. Kalau dua yang lulus atau satu lulus itu gagal,” tambahnya. “Untuk guru langsung diswab, yang kontak erat dengan murid tersebut,” kata Ridwan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Nadiem Makariem,telah menegaskan untuk kembali lakukan sekolah tatap muka pada Juli 2021, Bunda. “Kemudian ada semangat baru dari siswa untuk datang ke sekolah, kerinduannya setahun karena belajar dari rumah, kemudian terjadi koordinasi antara stakeholder. Kemudian semua guru juga dipastikan sudah vaksin dosis 1 dan 2, itu evaluasi kemarin,” papar Taga. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, sistem pembelajaran tersebut berbeda dengan pembelajaran tatap muka sebelum pandemi Covid-19 atau bersifat terbatas. “Selama pandemi, mereka hanya bersekolah dari rumah melalui zoom. Saat uji coba ini, maka siswa dibiasakan kembali untuk menjalani kegiatan di sekolah.

Pertama, Presiden Jokowi menekankan agar pembelajaran tatap muka atau sekolah tatap muka yang akan dimulai pada Juli harus dilakukan secara ekstra hati-hati. “Bapak Presiden tadi mengarahkan, pendidikan tatap muka yang nanti akan dimulai itu harus dijalankan dengan ekstra hati-hati. Tatap muka dilakukan secara terbatas,” ujar Budi. Menurut dia, kelanjutan pembelajaran tatap muka pada Juni mendatang tidak mengganggu jadwal sekolah pada tahun ajaran baru. Langkah pembelajaran tatap muka tahap kedua itu sudah sesuai dengan rencana awal Disdik DKI Jakarta. Malahan, pihaknya juga berencana untuk menambah goal sekolah pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru.

Sekolah tatap muka uji coba

Dalam momen Hardiknas ini, Kemendikbud soroti tugas berat yang diberikan guru selama masa belajar dari rumah. Murid di SD Petri di Dortmund, negara bagian Nordrhein-Westfalen , jadi teladan yang patut ditiru. Sebagaimana sekolah di seluruh NRW yang merupakan negara bagian terpadat di Jerman, sekolah ini juga mewajibkan murid untuk memakai masker, termasuk di dalam ruang kelas. Sampai sekarang belum bisa dinilai apakah aturan ini berhasil atau tidak. Oleh karena itu seluruh guru yang ikut dalam pembelajaran tatap muka harus sudah divaksin.