Menu Close

Pelaksanaan Dan Waktu Perkuliahan

Semua dosen memiliki harapan yang sama agar kegiatan belajar mengajar ini dapat berjalan lancar meski dilakukan secara on-line. “Sedangkan dari sisi pembelajaran dosen memerlukan lebih banyak waktu untuk mengemas materi perkuliahan, apalagi pelajaran yang saya ajarkan kebanyakan hitungan”, tambah bu Puji. Tidak ada yang menduga bahwa sebuah virus akan mengubah cara manusia menjalani hidup, termasuk cara bersekolah. Pandemi Covid-19 seolah “memaksa” guru, murid, dan orang tuanya untuk mengandalkan teknologi agar proses switch ilmu dapat terus berlangsung. Sayangnya, penggunaan teknologi semacam ini ternyata tidak sepenuhnya bisa menggantikan pembelajaran tatap muka. Banyak kendala yang muncul, mulai dari akses teknologi yang tidak merata, kemampuan ekonomi, orang tua yang harus bekerja sehingga anak tak ada yang mendampingi, hingga masalah kesehatan psychological orang tua dan anak.

Namun ia berharap tidak hanya dosen dan tenaga pendidikan saja yang menjalani vaksinasi. “Perkuliahan hybrid memfasilitasi tatap muka dosen dan mahasiswa di kelas dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata dia dalam siaran persnya. Selain pembelajaran tidak ada lagi kegiatan selain kegiatan belajar-mengajar seperti orangtua tidak boleh menunggu siswa di sekolah, istirahat di luar kelas, pertemuan orang tua dan murid itu tidak diperbolehkan. Oleh karena itu pemantauan dari Pemda, dinas, gugus tugas daerah penting untuk memastikan protokol terjaga. Sejalan dengan kebijakan tersebut, pemerintah juga memperbolehkan kegiatan seni dan budaya.

Sedangkan, angkatan 2019 hanya satu semester merasakan belajar tatap muka. Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa kampus akan didahulukan untuk uji coba penerapan pembelajaran tatap muka karena mahasiswa lebih dewasa sehingga lebih cepat bisa menyesuaikan dengan kondisi protokol kesehatan ketat. “Perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus yang meliputi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, serta masyarakat sekitar,” jelas Nizam. Lebih lanjut, menurut Wikan, perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus yang meliputi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, serta masyarakat sekitar. “Perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga kampus yang meliputi mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, serta masyarakat sekitar,” kata dia.

Kemendikbud mencatat, setidaknya 43 persen siswa yang berada di area tersebut. Pembelajaran daring dan luring merupakan pola pembelajaran di period teknologi informasi seperti sekarang ini. Daring merupakan singkatan dari “dalam jaringan” yang artinya pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara on-line atau tidak bertatap muka secara langsung melainkan dengan menggunakan platform yang telah tersedia. Namun dia perlu menggaris bawahi peran orang tua yang sangat signfikan ketika pembelajaran tatap muka ini dimulai.

Namun, dengan catatan, pembukaan kapasitas hanya 25 persen dan kegiatan wajib menerapkan protokol kesehatan ketat. Meskipun perkuliahan tatap muka akan diselenggarakan kembali dalam waktu dekat, teernyata tidak sedikit orang tua yang mendukung kebijakan ini. Menurut Nadiem, nantinya pembelajaran tatap muka masih akan dilakukan dengan sistem rotasi atau sekitar 50 persen siswa yang hadir di sekolah. Nizam juga menegaskan, pimpinan satuan pendidikan telah didorong untuk mengakselerasi pembelajaran tatap muka, bahkan sebelum program vaksinasi bergulir. Atas kebijakan ini, tentunya bisa dipahami mengingat berbagai keterbatasan dan dampak yang ditimbulkan oleh sistem pembelajaran jarak jauh ini di Indonesia, khususnya bagi peserta didik di pendidikan dasar dan menengah. Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengang Kemendikbud Ristek, Jumeri mangatakan, mahasiswa yang akan mengajar di sekolah ini menjadi bantuan yang sangat diharapkan.

Separuh dari anak-anak menerima vaksin, dan yang lainnya menerima plasebo. Selama masa uji coba, 18 kasus COVID-19 terjadi pada kelompok plasebo dan tidak ada yang terjadi pada kelompok yang divaksinasi. Vaksin mampu memicu tingkat antibodi netralisasi satu bulan setelah dosis vaksin kedua, dan dapat ditoleransi dengan baik, dengan efek samping yang ringan.

Tatap muka bagi anak kuliah

Education 4.0 merupakan inovasi dunia pendidikan di period Industrial Revolution 4.zero, dianya merupakan sebuah jawaban dari pertanyaan “bisakah kita melakukan? Nadiem menjelaskan jika siswa kembali ke sekolah, bukan berarti kembali dengan regular. Namun, akan sangat berbeda dari biasanya lantaran akan diterapkannya protokol kesehatan untuk mencegah terbentuknya cluster baru covid-19 di sekolah. Banyaknya masalah yang dihadapi oleh para pelajar atau bahkan pengajar di negeri ini dalam menjalankan belajar on-line Togel Online dapat diantisipasi dengan berlangganan paket Learning From Home dari IndiHome.