Menu Close

Lima Cara Melawan Rasa Bosan Belajar Daring

Menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak. Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan membuatnya gembira. “Misal pelajaran menghitung, apa sih kegiatan di rumah yang bisa melibatkan pelajaran menghitung. Anak bisa dilibatkan kegiatan rumah tangga, sambil dilibatkan nilai-nilai dan keterampilan praktis di rumah,” tuturnya. Atur jarak setidaknya 30 sentimeter dan setiap 20 menit mata anak Anda harus berpaling dari layar sejenak.

Lewat metode quick lesson ini, anak diberikan waktu untuk fokus belajar selama 1 jam setiap harinya. Durasi fokus belajar juga bisa ditingkatkan sesuai dengan usia anak. Biar tidak bosan saat berdiam diri di rumah, si kecil tentu saja perlu melakukan aktivitas rutin setiap hari. Maksudnya, meski sekolah anak diliburkan, bukan berarti ia bisa bangun siang atau jam istirahatnya tidak terjadwal. Selain itu Tian berpesan supaya guru harus meningkatkan rasa ingin tahu siswa. ’’Di period digital seperti sekarang ini, guru sudah dimudahkan,’’ jelasnya.

Dalam belajar bahasa inggris banyak kosakata yang harus dihafalkan. Mulai dari kalimat yang dipakai sehari-hari hingga idiom yang biasa digunakan untuk ngobrol dengan teman. Kegiatan untuk tetap berada di rumah saja tentunya membuat sebagian besar orang bosan. Alternatif cara untuk menghilangkan kebosanan tersebut yaitu dengan menonton tayangan televisi. Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu mengenai salah satu stasiun televisi yang saat ini cukup populer, yaitu Sbo Tv. Daripada mengajaknya liburan ke mal atau kafe, alangkah lebih baik untuk mengajak si kecil untuk bermain di alam terbuka.

Sistem pencahayaan yang tepat dapat mendukung suasana dan motivasi belajar. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat bisa memilih ruangan dengan jendela yang luas atau menambahkan lampu di meja belajar dan area yang gelap seperti pojok ruangan. Untuk mengaturnya sangat mudah, anda bisa mengambil waktu beberapa jam untuk belajar di waktu luang. Seperti halnya di malam hari mulai pukul 19.00 – 21.00, waktu tersebut sangat efektif untuk belajar. Jika masih belum cukup, anda bisa mengambil waktu di pagi hari setelah subuh. Belajar di pagi hari juga membuat pelajaran masuk ke dalam pikiran dengan mudah.

Anak bosan belajar kalau dari rumah

Orang tua bisa menyiapkan kreasi makan dan juga berikan cemilan yang sehat pada anak agar anak merasa senang dan tak lagi merasa bosan. Moms bisa sajikan kreasi makanan kesukaan anak atau buat cemilan yang mudah namun sehat untuk anak ya mothers. DARA| BANDUNG- Situasi pandemi corona membuat semua orang harus melakukan social distancing atau jaga jarak, termasuk anak-anak. Begitu pun sekolah-sekolah memindahkan proses belajar mengajar di rumah masing-masing sampai batas waktu yang belum ditentukan. Agar ruangan tidak terasa sempit, dapat menggunakan perabot multifungsi untuk mendukung kegiatan belajar dan bermain Si Kecil. Selain itu Anda juga harus memperhatikan material dan desain perabot yang digunakan untuk ruang belajar Si Kecil aman.

Tidak hanya belajar dengan berpindah-pindah tempat saja, namun juga dapat menata ulang tempat belajar anak Anda. Hal ini akan membuat suasana belajar yang berbeda sehingga anak-anak akan lebih betah untuk belajar meskipun tidak dapat bersekolah. Selain persoalan guru, Amelia yang juga Ketua Forum Anak Situs Bola Online Jateng itu juga mengatakan para siswa sudah mengalami masa jenuh menjalani pembelajaran di rumah. Menurutnya, siswa memerlukan inovasi dan kreasi dari guru, terlebih tentang materi yang berkenaan dengan Covid-19. Pintar-pintar lah memilih aktivitas yang punya tujuan untuk menyelesaikan tugas.

Selain belajar menjadi asik dan tidak membosankan, kita akan mendapat ilmu tambahan yang mungkin kita enggak ngeh saat guru atau dosen menjelaskan. Catatan pelajaran merupakan salah satu hal yang penting pas kamu lagi belajar. Jika catatan dibuat menarik seperti ditempel stiker, diberi gambar, atau tulisan kaligrafi pasti kita akan lebih tertarik untuk membacanya.