Menu Close

Kebijakan Pendidikan Formal Anak Pada Masa Pandemi Covid

Minimnya ekonomi keluarga juga menjadi faktor dari minimnya fasilitas yang menunjang proses belajar di rumah. Bahkan tak sedikit, keluarga siswa yang harus kehilangan penghasilan yang diakibatkan adanya pandemic Covid 19 ini, sehingga mereka juga harus sangat jeli dalam mengatur pengeluaran keuangan. Hal-hal seperti inilah yang akhirnya juga berdampak pada semangat belajar siswa, ketika si anak merasa fasilitas belajar kurang mencukupi maka ia akan merasakan menemukan kendala dan malas untuk melanjutkan proses belajarnya. Pemerintah memberikan arahan proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung dengan cara daring atau on-line.

Maka, penting bagi orang tua untuk menjelaskan cara mencuci tangan yang benar serta bagaimana fungsi masker dalam melindungi tubuh mereka. Namun, selalu ada bermacam cara untuk meningkatkan motivasi belajar para siswa. Belajar terus menerus pasti akan menimbulkan rasa bosan atau jenuh. Itulah yang dirasakan oleh anak-anak dalam menjalani belajar dari rumah selama hampir satu tahun ini. Maka dari itu, Mama perlu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk si Anak yang sedang menghadapi belajar. Untuk menyiapkan segala materi pembelajaranmu, hal lain yang mesti diperhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi web Bandar Slot Online.

Bila Anda terlihat lesu dan kurang bersemangat maka para siswa juga akan menunjukkan hal yang demikian. Upayakan untuk selalu tampil ceria dan bersemangat serta antusias di depan kelas. Selain keluarga dapat berkolaborasi dalam membangun karakter, peserta didik juga dapat membangun talent penguasaan teknologi karena pembelajaran daring memerlukan penguasaan teknologi yang mencukupi. Peserta didik juga dapat terhindar dari penyebaran covid-19 karena pembelajaran dilaksanakan jauh dari kontak fisik. Untuk belajar dengan hasil optimum diperlukan niat dan kemauan kuat untuk berusaha.

“Menyiapkan diri dengan berpakaian rapi akan membentuk sebuah mindset bahwa anak secara fisik dan psychological siap untuk menjalani proses pembelajaran dan tentunya meningkatkan efektivitas pembelajaran tersebut,” kata Ghianina. Psikolog Ghianina Armand, MSc, Child Development dan Gracia Ivonika MPsi, dari Personal Growth membagikan 6 cara yang bisa membuat belajar anak menjadi efektif di rumah. Rumah memang sejatinya adalah tempat untuk tenang dan beristirahat sehingga bisa mengganggumu untuk fokus belajar.

Angka positif Covid-19 yang setiap harinya bertambah tentu saja membuat kita semakin tidak tahu kapan pandemi ini usai. Pihak kampus atau yang bersangkutan tentu berfikir dua kali jika mengizinkan pembelajaran secara luring atau yang dikenal dengan istilah pembelajaran tatap muka. Istirahat termasuk salah satu faktor penting dalam proses belajar.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Untuk bisa terlibat aktif dan produktif dalam diskusi dalam discussion board ini, peserta didik perlu melek umpan balik. Untuk mencapai ini, di perkuliahan tersebut dilakukan pelatihan tentang literasi umpan balik dengan mengkaji suatu artikel. Selain naskah kolaborasi, gamifikasi dapat digunakan sebagai pemantik lainnya bagi peserta didik agar termotivasi dalam pembelajarannya. Gamifikasi ini merupakan bentuk mekanisme dalam meningkatkan motivasi peserta didik melalui elemen-elemen gim, seperti poin, lencana , dan papan peringkat . Gambar four berikut menunjukkan implementasi kedua elemen gim tersebut. Kedua, durasi waktu dan tenggat pengaksesan konten pembelajaran perlu secara jelas dikomunikasi ke peserta didik.