Menu Close

Warga Wonoplintahan Bagikan Santunan Anak Yatim

Meskipun demikian, orang tua masih diberikan kelonggaran untuk mengijinkan anaknya belajar tatap muka di sekolah karena pertimbangan kesehatan. Meskipun demikian, orang tua masih diberikan kelonggaran untuk mengizinkan anaknya belajar tatap muka di sekolah karena pertimbangan kesehatan. Saya merasa, ditengah Pandemi COVID-19 pertemuan belajar tatap muka menjadi sulit, namun agenda ini sudah menerapkan protokol kesehatan, 3M itu,” terang Dewi Puspita menimpali. Namun, kini pemerintah mulai mengizinkan sekolah menggelar pembelajaran tatap muka, tetapi dengan persyaratan dan protokol kesehatan yang ketat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menargetkan semua sekolah sudah melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai Juli 2021. Sehingga jika pembelajaran tatap muka kembali ditunda, orang tua khawatir putra-putri mereka harus mulai belajar dari nol.

Sekolah Tatap Muka Terbatas ini juga, menurut dia, bisa meringankan beban orangtua, murid dan guru. Karena bagaimana pun pembelajaran tatap muka masih tetap diperlukan. “Kami meyakini jika program vaksinasi sukses dilakukan pada sektor pendidikan maka semakin cepat pembelajaran tatap muka dapat dilakukan,” tandas Malik Ibrahim.

Secara keseluruhan proses pembelajaran tatap muka di SMP 2 berjalan sesuai arahan tim satgas covid 19. Kemudian anak diwajibkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Di dalam kelas, jarak antara satu murid dengan murid lainnya juga telah diatur. Sekalipun sekarang sudah masuk masa new normal, tapi masih banyak sekolah-sekolah yang masih melaksanakan proses belajar secara on-line ditahun ajaran baru ini. Walaupun ada beberapa sekolah yang mulai melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka tapi tetap pelaksanaannya tidak secara normal layaknya proses belajar mengajar selama ini sebelum terjadinya pandemi.

Di Jiangxi, Tiongkok terdapat beberapa sekolah yang membuat rute bus baru untuk mengakomodasi perubahan jumlah penumpang dan untuk mengurangi kebutuhan siswa dalam menggunakan transportasi umum. Sementara di Taiwan, bus sekolah tetap berjalan namun memerlukan pembersihan dan desinfeksi kursi, sandaran dan pegangan setidaknya setiap 8 jam. “Ini sudah hasil keputusan rapat forkopimda pada empat hari lalu dengan Kapolda dan Danrem, bahwa untuk efektifnya tatap muka supaya tidak terjadi kerumunan dan pelanggaran-pelanggaran,” ujar Irwan Prayitno. Pertama, setiap pembelajaran hanya diikuti maksimal 50% dari kapasitas ruang kelas.

Pembelajaran daring atau dalam jaringan ini merupakan istilah untuk menyebutkan proses belajar mengajar dilakukan melalui jaringan web. Selain pertimbangan komorbiditas, Nadiem juga meminta agar masing-masing daerah secara Togel Online Terpercaya ketat memantau perkembangan infeksi covid-19 di daerahnya. Ia mencari rumah siswa yang saling berdekatan sehingga memudahkan untuk kehadiran siswa. Oleh karena itu, seluruhnya saya berikan dengan metode luring,” terang Susilawati.

Anak rindu sekolah tatap muka

Orangtua juga merasa kelabakan mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Alasannya, karena orangtua sebagai pilar ekonomi keluarga juga harus bekerja dari rumah untuk menafkahi keluarga termasuk menjamin kesehatan, kesejahteraan, dan keselamatan anak-anaknya. Keluhan banyak orangtua merasakan beratnya tugas sebagai guru rupaka, pengganti guru pengajian di rumah.

Namun akibat belum adanya izin dari Satuan Gugus Tugas Covid-19, Dinas Pendidikan Kota Mataram terpaksa kembali menundanya. Sekolah menjadi tempat belajar yang dirindukan para siswa setelah melakoni belajar dari rumah hampir tiga bulan. Tak hanya tatap muka di kelas bersama guru, mereka juga kangen bertemu dan bergaul bersama teman sebaya.