Menu Close

Simulasi Sekolah Tatap Muka Di 25 Sd, Yakin Surabaya Sudah Aman?

“Kemdikbud harus koordinasi dan turun langsung apakah daftar periksa dibuat betul atau tidak dan harus memiliki plan B atau C, misalnya tidak semua melaksanakan tatap muka, berarti ada yang PJJ seperti blended studying,” ungkapnya. Orang tua, terutama di kota besar, juga masih khawatir anak-anaknya melakukan kegiatan belajar-mengajar secara langsung. Sebab para peserta didik rentan tertular karena hingga saat ini belum mendapatkan vaksin. Orangtua/wali dapat memutuskan bagi anaknya untuk tetap melaksanakan PJJ walaupun satuan pendidikan sudah memulai PTM terbatas. Akan tetapi, terdapat pula perbedaan kemampuan finansial orangtua dalam menyediakan fasilitas internet, baik kuota maupun penyediaan gawai untuk mengakses berbagai program yang disediakan pemerintah.

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Nomer 97/sipres/A6/III/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Memastikan seluruh tenaga didik dan peserta didik menggunakan transportasi yang aman. Jika komite sekolah tidak menyetujui PTM, maka sekolah tidak diperkenankan untuk dibuka. Meski sekolah sudah dibuka, tapi pihak sekolah tidak bisa memaksa anak untuk pergi ke sekolah.

Sekolah yang sudah memenuhi syarat mulai melaksanakan uji coba PTM pada pekan ketiga bulan ini. Setelah berbulan-bulan menjalani sekolah daring, pelajar di Kota Jambi akhirnya bisa lebih leluasa mendapatkan ilmu di sekolah dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya klaster baru Covid-19 di sekolah akibat kurang disiplinnya anak-anak dalam menjalankan protokol kesehatan. Pun demikian untuk sektor lainnya seperti kesehatan, kegiatan sosial kemasyarakatan, pagelaran seni budaya, olahraga dan ritual keagamaan juga tak luput ikut terdampak. Meski dalam perjalanannya pemerintah acap kali melonggarkan kebijakan yang telah dibuat untuk hal-hal yang disebutkan diatas. Meski begitu, Dicky menegaskan bahwa yang harus dilakukan dan diperhatikan adalah penguatan-penguatan yang ada di dalam mitigasi risiko.

Terkait kapasitas kelas, Umi menjelaskan, bahwa setiap peserta didik di setiap kelas telah dibagi dua dengan sistem ganjil genap. Pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan Senin hingga Kamis, sedangkan Jumat dikhususkan untuk pemantapan dan dilakukan secara daring. Umi Kulsum, M. Pd menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik masukan yang disampaikan oleh wali kota. Ia juga akan meningkatkan penerapan protokol kesehatan sesuai arahan wali kota agar ke depan bisa lebih baik lagi. Ia menjelaskan bahwa untuk jam masuk sudah diatur dengan selisih 15 menit untuk setiap empat rombongan belajar, sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Kelompok kebijakan kedua ada dalam periode 15 Juli hingga 7 Agustus 2020. Di dalamnya memuat syarat pembelajaran tatap muka dengan foundation zona risiko Covid-19. Pada periode ini, zona risiko hijau dapat membuka pembelajaran tatap muka dengan memenuhi berbagai syarat. Sedangkan, zona kuning, oranye, dan merah melaksanakan pembelajaran dari rumah. Pelaksanaan prioritas vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga pendidik ini dilakukan karena mereka termasuk golongan yang memiliki kerentanan tertinggi terhadap Covid-19 dibandingkan kelompok umur peserta didik.

Beliau mengatakan dalam proses belajar mengajar secara tatap muka ada nilai yang bisa diambil oleh siswa, seperti proses pendewasaan sosial, budaya, etika, dan moral yang hanya bisa didapatkan dengan interaksi sosial di dalam lingkungan pendidikan. Opsi sekolah tatap muka wajib diberikan untuk sekolah yang pendidik dan tenaga kependidikannya telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap. Banyak pertanyaan muncul dari para orang tua siswa tentang sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

Misalnya dengan terus adanya KBM daring membuat para siswa menjadi mudah stres, sulit fokus dalam belajar, serta menjadi sulit untuk mengerjakan tugas. Hal ini akan berbeda dengan KBM tatap muka yang mana guru memiliki akses untuk mengawasi para siswa secara langsung sehingga ketika proses KBM berjalan para siswa bisa lebih mudah dipantau dan dikontrol. Selanjutnya siswa yang akan mengikuti PTM harus mendapatkan izin dari orang tua. Saat ini, katanya, dari 595 SD di Boyolali, yang mendapat izin melaksanakan PTM baru 57 SD. Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam yang membidangi pendidikan, Ides Madri, menegaskan, Komisi IV sepakat dengan keputusan belum dibolehkannya sekolah tatap muka untuk jenjang SD, TK maupun PAUD.

Tatap muka bagi anak SD

Namun, sekolah dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan karakter melalui pengembangan kemampuan kognitif, sosial, dan adaptasi anak. Kepercayaan diri, saling menghormati, bertanggung jawab, solidaritas, perilaku kasih sayang, tentu tidak bisa diasah secara daring. Kalaupun bisa, hasilnya tentu tidak semaksimal jika anak mempelajarinya dalam lingkungan nyata di sekolah. Jika menilik information dari situs Satuan tugas penanganan Situs Bola Online COVID-19, anak berusia sekolah dengan umur 6-18 tahun memiliki proporsi kedua terendah dibanding seluruh pasien yang positif, dirawat atau isolasi, sembuh ataupun yang meninggal. Dalam kegiatan uji coba tersebut, akan dilakukan berbagai pembatasan seperti membatasi jumlah siswa dalam satu rombongan belajar. Pembelajaran tatap muka di Kota Jambi dilaksanakan dengan aturan dan ketentuan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19 di sekolah.

Metode PJJ ini banyak sekali menimbulkan berbagai macam pro dan kontra dari berbagai pihak. Banyak yang mengeluh akan susahnya sistem PJJ ini dan tidak sedikit pula menerima sistem ini dengan sukacita. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Pintek menyediakan akses dana untuk pelajar / orang tua murid untuk biaya belajar ( uang pangkal, uang semester, SPP, uang kursus, dsb. ), serta lembaga pendidikan dalam pengembangan fasilitas, pengadaan buku, alat peraga, dsb.

Nadiem menjelaskan keputusan untuk memulai pembelajaran tatap muka terbatas tersebut diambil karena penutupan sekolah dan pembelajaran jarak jauh sudah berlangsung terlalu lama. Lanjut Arif, pemerintah diminta untuk mengkaji lebih jauh terkait risiko pembelajaran tatap muka di kondisi pandemi yang saat ini tidak menentu. Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan setempat mulai menggelar pembelajaran tatap muka untuk jenjang pendidikan tingkat SD dan SMP. Sebelumnya, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan pembelajaran jarak jauh masih bakal dilaksanakan hingga Desember 2020 dan pembelajaran atau belajar tatap muka baru dimulai Januari 2021 meskipun kondisi situasi Covid-19 Solo membaik.