Menu Close

Mempertimbangkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Jika kamu berencana menjadi dosen dan terkendala biaya untuk kuliah S2. Bisa mencari perguruan tinggi swasta yang menerima dosen S1, kemudian mencari beasiswa untuk melanjutkan S2. Untuk jurusan teknik pertimbangan itu sendiri juga bisa bekerja di berbagai sektor seperti di industri semen hingga perusahaan pembangkit listrik. Soalnya beberapa jurusan kuliah dikenal memiliki biaya yang cukup mahal sementara gaji yang didapatkan tidak terlalu besar. Tak bisa dipungkiri kalau setiap orang tentu berharap bisa mudah mendapat pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Oleh karena itu, tanamkan rasa percaya diri dan yakinkan diri bahwa semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Apakah Anda sedang menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan perkuliahan yang diambil dan timbul pikiran bahwa Anda salah jurusan? Tidak sedikit orang yang merasakan hal tersebut karena terkadang passion yang dimiliki seringkali berbeda dengan jurusan yang diambil.

Meniti karir dari kuliah

Hanya saja, masing-masing jurusan ini menawarkan tantangan intelektual yang unik dan akan membantu Anda mengembangkan keahlian dan keterampilan yang bisa anda terapkan di berbagai posisi profesional. Melalui penjelasan tersebut tentu bisa diketahui bahwa untuk karir dosen di perguruan tinggi swasta adalah sama dengan karir untuk dosen PNS di kampus swasta maupun negeri. Sehingga dari segi jenjang karir tidak ditemukan perbedaan, karena memang dibuat sama.

Bukan hanya itu, juga ada pilihan untuk berkarya di salah satu lembaga pemerintahan. Bagi kamu yang berniat untuk memilih kuliah jurusan yang satu ini, kamu juga memiliki kesempatan kerja cukup luas. Jurusan manajemen pada umumnya bisa dan mudah diterima untuk bekerja di perusahaan-perusahaan swasta.

Tetapi, jika karyawan merasa bahagia dengan pekerjaan mereka, maka mereka akan semangat bekerja setiap hari. Di sisi lain, mereka yang tidak menikmati pekerjaannya tidak akan memikirkan perusahaannya untuk maju. 3 dari 10 fakultas psikologi terbaik di Indonesia adalah UGM, UI, dan Unair.

Investasikan waktu kamu di kampus untuk terus menambah ilmu, menambah teman dan belajar berwirausaha. Skill dan community yang kamu bangun semasa kuliah akan mempengaruhi jumlah gaji/penghasilan yang bisa kamu dapat di dunia kerja nanti. Mereka yang berhasil menjadi profesional dan pengusaha sukses dalam karir biasanya merupakan orang-orang yang rajin membangun ability dan memperluas network semasa kuliah. Setelah lulus dari S1, ia bertekad untuk melanjutkan studinya di luar negeri, tidak peduli negara, universitas dan jurusannya.

Bahkan tidak sedikit Sarjana Hukum mengambil peminatan Hukum Pidana tetapi justru bekerja di Bank. Hal ini dapat terjadi dikarenakan di Fakultas Hukum hanya ada satu jurusan yaitu Hukum. Inilah yang memudahkan Sarjana Hukum dapat memasuki berbagai lapangan tenaga kerja. Dengan memiliki Kartu Prakerja, Anda akan diberikan uang pelatihan sebesar 1 juta rupiah.