Menu Close

Mau Usaha Kost

Belum lagi banyaknya bangunan yang masih dalam proses pembangunan untuk dijadikan kost kostan juga. Mulai dari kamar yang terkecil dengan kamar mandinya berada diluar yang dipergunakan secara bersama sama dengan penghuni kost yang lainnya. Atau juga kamar yang agak besaran yang kamar mandinya didalam kamar masing masing penghuni kost. Beberapa teman seringkali bertanya, bisakah memulai bisnis kost-kostan dengan cara KPR? Masalahnya pada sistem KPR harus ada sertifikat rumah yang menjadi objek pinjaman yang dijaminkan pada financial institution. Sementara dalam kasus membuat kos-kosan maka Anda belum memiliki sertifikat rumah karena toh rumah tsb belum jadi.

Alasan lain kenapa bisnis kos kosan ialah bisnis yang menguntungkan ialah karena Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan dari usaha ini. Di samping dari duit sewa kos, Anda dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari meluangkan jasa dan memasarkan barang-barang keperluan penghuni kost. Ada sejumlah jasa yang bisa ditawarkan untuk penghuni/penyewa kost antara beda laundry, antar jemput dan catering. Di samping itu, kita juga dapat menawarkan barang-barang keperluan sehari-hari laksana pulsa, air mineral dan mi instan.

Mulai dari one hundred fifty.000 sampai dengan 200.000 tergantung dari besarnya kamar yang disewa. Harga ini menurut pengakuan mbak Erna, belum termasuk uang listrik untuk penambahan perangkat seperti komputer, dispenser dan televisi. Memberikan kelonggaran dalam waktu pembayaran dan mempertahankan harga lama bagi penghuni lama juga bisa dilakukan sebagai alternatif untuk memasarkan usaha kos-kosannya. Beberapa pemilik kos kosan memberikan pelayanan khusus untuk penyewa kos kosan sebagai diferensiasi indekos tersebut dengan indekos milik kompetitor. Walaupun tampilannya tidak seperti resepsionis di apartemen atau hotel, namun tugas dan fungsinya sama, yaitu membantu menyimpan kiriman paket saat penyewa tersebut tidak di tempat. Hal ini untuk menghindari adanya kiriman paket yang hilang atau tertukar.

Usaha kost-kostan

Abigail sendiri tercatat sebagai orang paling kaya ke-57 dunia. Meurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaannya saat ini senilai US$27,2 miliar. Kami ini hanya web site kecil yang dibuat dan didirikan sejak 28 juni 2016. Situs ini sengaja dibuat dan didedikasikan untuk teman teman yang ingin mencari ide, referensi, atau mencari tau tentang peluang usaha apa saja yang mungkin untuk di lakukan. Kekurangan adalah pada modal yang diperlukan untuk mendirikannya yang bisa dikatakan cukup besar. Jika pengiklan merupakan orang yang ke one hundred and one maka cara menampilkan Kost Anda dengan iuran sebesar Rp one hundred.000 pe tahun.

Namun ketika anda bekerjasama dengan mereka, artinya Standar Operasional usaha harus ngikut mereka. Anda bisa lihat setiap kos-kosan yang bekerjasama dengan mereka, akan dibranding dengan brand mereka. Mulai dari bantal, standar fasilitas, sampai dengan pelayanan.

Hal-hal tersebutlah yang kemudian membuat kost-kostan makin hari makin diminati. Prospek dalam menjalankan bisnis rumah kost ini sangat cerah untuk ke depannya. Sambil tersenyum Ririn mengatakan bahwa kamar yang lucu itu harus bisa bebas diubah dengan gaya atau ditambah pernak-pernik apa pun sesuai selera si penyewa. Ririn mengaku sudah melirik satu bidang tanah yang cukup strategis di sekitar Kampus UI untuk dijadikan rumah kontrakan atau kost-kostan. Alasan lain dia merujuk pada pengalaman adik sepupunya yang kuliah di Universitas Indonesia dan kesulitan mencari kost-kostan yang layak di daerah Depok, Jawa Barat. Kampus UI memang menjadi salah satu daya tarik para pelajar yang ingin melanjutkan studi di tingkat yang lebih tinggi.

Apalagi Naysila mematok harga kosannya terbilang terjangkau, yaitu sebesar Rp. Salah satu artis senior yang juga memiliki bisnis di bidang properti adalah Tukul Arwana. Sudah terjun selama puluhan tahun di dunia hiburan, rupanya Tukul Arwana tak hanya dikenal sebagai artis. Di balik layar, ternyata Tukul juga merupakan seorang juragan kontrakan dan kos kosan. Apalagi jika rumah kost disertai deretan fasilitas berkelas bagi para penghuni.

Tak heran jika banyak Artis Indonesia yang juga terjun dalam bisnis ini. Sekalipun penghasilan mereka besar, tetapi bisnis yang mereka jalankan juga sebagai investasi untuk masa depan atau sekadar ‘menghidupkan’ uang yang ada. itulah beberapa karakteristik dan kategorisasi jenis-jenis usaha kos-kosan yang bisa anda jadikan sebagai acuan dalam membangun bisnis kost anda. Pemilihan jenis kos-kosan sangat tergantung dengan lokasi di mana anda mendirikan kos apakah cocok untuk kampus, pabrik, kantor, atau destinasi wisata.