Menu Close

Lebih Untung Mana, Usaha Sendiri Atau Franchise?

Meskipun orang yang punya usaha sendiri selalu dipandang memiliki nilai lebih, namun nyatanya tidak sedikit orang yang enggan untuk memulai usaha sendiri. Entah itu sudah nyaman dengan pekerjaan yang gajinya mencukupi kebutuhan keluarga, modal tipis atau bahkan takut untuk memulai bisnis sendiri. Cara memulai bisnis tanpa modal itu terlalu indah untuk jadi kenyataan. Namun, bukan berarti untuk membangun bisnis Anda harus selalu mengeluarkan seluruh isi tabungan.

Kalau kamu minim pengalaman dalam berbisnis, jangan malu untuk mencari mentor, ikut pelatihan, serta melakukan riset personal. Pada prinsipnya, lakukan apa pun yang bisa membantu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada bidang bisnis yang kamu jalani. Selain itu, cari tahu praktek bisnis lain dan lihat mana yang sekiranya bisa diterapkan untuk bisnis kamu. Saran dan masukan dari orang-orang yang profesional dan berpengalaman bisa mempermudah kamu dalam membangun bisnis yang tepat sejak awal.

Ini tentu bisa menjadi pilihan bijak agar keuntungan usaha tidak habis hanya untuk berobat. Orang yang wisuda, bertunangan, menikah, bahkan hanya untuk pergi ke acara formal banyak yang menyewa jasa perias saat ini. Sekali merias, setidaknya mereka berani membayar Rp 200.000.

Memulai usaha dari bawah

Saat usaha kuliner Anda sudah berkembang, barulah lakukan renovasi ulang untuk memperindahnya. Seringkali, lokasi yang Anda pilih sebagai tempat dimulainya usaha kuliner penampilannya belum cukup memadai. Untuk mengubah tempat itu menjadi lebih pantas untuk dimulainya usaha kuliner, perhitungkan dari awal biaya apa saja yang Anda butuhkan. Yang termasuk biaya perizinan yaitu izin mendirikan bangunan serta izin dari departemen kesehatan. Biaya perizinan ini juga bervariasi, maka Anda harus mencari tahu izin apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha kuliner Anda serta memperkirakan biayanya dari awal.

Persaingan dalam menjalankan usaha merupakan hal yang umum. Sebab itulah, produk Anda juga sebaiknya mempunyai daya tarik yang tak dimiliki para pesaing. Meskipun usaha yang akan Anda rintis hanya butuh modal kecil tapi bukan berarti perencanaannya menjadi asal-asalan.

Dengan melakukan perombakan terlebih dahulu, maka biaya- biaya yang berhubungan dengan pengadaan tenaga kerja dapat dihemat. Apabila penempatan ulang dilakukan dengan tepat, tidak akan terjadi penempatan yang keliru. Yang paling penting, tidak perlu menyediakan biaya menambah SDM baru.