Menu Close

Guys, Ini Four Cara Sukses Berkarir Sejak Kuliah

Meski melakoni hidup dengan kesederhanaan Pak A.R memiliki pergaulan luas. Mulai dari tukang becak, intelektual, budayawan, menteri, hingga presiden. Simon mengatakan Gus Dur kerap datang berkunjung ke kediaman Pak A.R bila ingin membicarakan masalah-masalah nasional. Sekali waktu Pak A.R pernah coba membeli rumah tetapi uang muka dan cicilan yang telah dibayarkan malah dibawa kabur pengembang.

Nah, mencapai karier impian nggak sebatas disiapkan dari ilmu akademik saja, gaes. Tapi, juga dengan perencanaan karier yang matang dan terarah sejak kamu berada di bangku kuliah. Dengan kata lain, nggak harus menunggu lulus dari bangku kuliah dulu, baru kamu merencanakan karier impianmu.

Layanan Airlangga Career Center untuk percepatan penempatan kerja serta konsultasi pengembangan karir bagi mahasiswa dan alumni yang ingin mengembangkan karir ke tingkat lebih tinggi. Layanan ini dilakukan secara terpadu di lingkup Airlangga Group dan telah memiliki banyak mitra dari dunia usaha dan industri. Komputer memiliki ‘bahasa’ tersendiri yang tidak dimengerti oleh orang kebanyakan. Nah, lulusan sistem informasi akan memiliki keahlian untuk menerjemahkan kebutuhan industri sehingga mungkin untuk diwujudkan dan dikembangkan.

Apapun tujuanmu—baik menjadi wirausaha yang akan membangun bisnismu sendiri ataupun eksekutif di Fortune 500 dan meniti karir korporat, kamu perlu memiliki fondasi pendidikan yang kokoh untuk memulai. Kalau kamu memang tipe orang yang pandai bergaul dengan orang lain, memiliki minat di bidang bisnis dan teknologi, pintar berbicara, mungkin kamu perlu mempertimbangkan jalur karir di bidang ini. Kurikulum TI Terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan TERKINI di dunia usaha dan industri.

Meniti karir dari kuliah

Strategi dalam mencari pekerjaan yang cocok bisa dimulai dari membuat daftar goal pekerjaan yang kamu idamkan. Sebelumnya, kamu harus tahu dulu faktor penilaian pekerjaan yang kamu idamkan. Dari faktor-faktor ini, kamu bisa mencari dan membuat daftar pekerjaan yang cocok denganmu.

Setiap orang pasti memiliki bakat dan minat yang berbeda dengan orang lain. Maka, kiat pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengenali apa saja minat dan bakat kamu. Nah, untuk ini kamu juga bisa melibatkan teman, saudara, guru/ dosen, atau orangtua. Mereka bisa membantu kamu mengenali bakat dan minat yang kamu miliki. Jadi kamu sambil bekerja untuk mendapat pengalaman dan penghasilan, pun mendapat ilmu lebih dari kuliah.

Perluasan kompetensi juga dilakukan melalui program Gelar Ganda kerjasama antara Prodi Ilmu Keolahragaan dengan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang difasilitasi oleh Universitas Negeri Semarang. Selain itu, lulusan juga dapat meniti karir dalam kedinasan TNI/Polri dan dinas lain yang terkait dengan kompetensi lulusan serta menjadi tenaga keolahragaan pada lembaga keolahragaan non pemerintah. Jika Anda merasa salah jurusan atau di tengah hidup, entah apa alasannya, Anda diharuskan berpindah haluan untuk meniti karir di bidang yang baru, tentu kamu butuh ilmunya.