Menu Close

Four Pengusaha Sukses Yang Merintis Bisnis Dari Nol

SDM atau Sumber Daya Manusia merupakan salah satu komponen yang sangat esensial bagi kelangsungan sebuah organisasi atau perusahaan. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan proses perencanaan SDM atau Man Power Planning. Proses Perencanaan SDM yang baik tentunya akan memberikan manfaat yang sangat baik pula untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan di masa depan. “JLC ada poin setiap transaksi, istilahnya menyelam sambil minum air.

Memulai usaha dari bawah

Dari ‘modal’ yang diberikan tersebut, Anda akan mendapatkan satu set alat penjualan, bahan baku hingga pelatihan yang mumpuni. Kendala yang selalu menjadi alasan utama untuk ragu memulai usaha sendiri adalah modal. Banyak di antara kita beranggapan bahwa berbisnis haruslah memiliki modal yang besar. Padahal dalam kenyataannya, bisnis kecil-kecilan pun bisa menjadi peluang memulai usaha. Asalkan usaha yang dilakukan memiliki potensi besar di pasaran dan mampu bersaing, maka Anda bisa meraup keuntungan dan uangnya bisa dibelikan properti seperti beli rumah.

Jauh sebelum menjadi pengusaha sukses, ia hidup menggelandang. Di usia 19 tahun ia harus pergi dari rumah untuk mencari pekerjaan kesana kemari. Bahkan pada usia 20 dia sudah mengalami pernikahan dan perceraian. Maka bagi mereka yang berkata belum pengalaman dalam berbisnis, justru seharusnya menjadi alasan kuat untuk memulai bisnis secepat mungkin. Pengalaman akan didapatkan ketika kita memang memberanikan diri terjun langsung ke ranah bisnis. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah companion.

Begitulah perjalanan Stelian Balta, pendiri dan CEO HyperChain Capital yang berbasis di Singapura, sebuah perusahaan manajemen aset dan investasi digital. Perlu diperhatikan, evaluasi bukan hanya dilakukan ketika terjadi kesalahan yang menyebabkan kerugian. Sebaiknya, lakukan evaluasi mingguan atau bulanan untuk mengetahui dengan pasti bagaimana progres dan perkembangan usaha yang Anda jalankan. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda.

Jika di provider A bahan bakunya habis, Anda dapat mencarinya di supplier lainnya. Tiap bisnis pasti rentan sekali terhadap faktor-faktor ekonomi makro tersebut. Anda harus bisa mengambil keputusan agar bisnis tetap bisa survive. Siapkan strategi terbaik bersama tim untuk mencegah hal-hal tak terduga. Ketika bisnis sudah di atas angin, waktu dapat Anda kendalikan.

Usahanya pun terus berkembang hingga Bob Sadino mampu mendirikan PT Kem Foods serta usaha agrobisnis bersistem hidroponik di bawah naungan PT Kem Farms. Meski terlahir dari keluarga mapan, jiwa kewirausahaan Bob Sadino justru muncul saat ia benar-benar di titik nol. Saat diwarisi harta kekayaan orang tuanya, Bob masih berumur 19 tahun dan memilih untuk menggunakannya berkeliling dunia. Pulang ke Indonesia, kondisi Bob Sadino malah semakin memprihatinkan. Bob Sadino sempat menjadi kuli bangunan dan sopir taksi gelap.

Pastikan barang-barang yang kamu beli memang dibutuhkan dan punya nilai kegunaan yang tinggi, bukan hanya sebagai pelengkap saja. Selain perencanaan yang kurang matang, manajemen yang buruk juga bisa jadi penyebab bisnis kamu jadi gagal. Ya, tanpa manajemen yang baik dan mumpuni, pemilik bisnis berpotensi lebih besar untuk melakukan kesalahan dalam mengelola aspek-aspek tertentu dari bisnis itu sendiri. Jadi meski Anda tidak cerdas secara akademis, jangan patah semangat untuk sukses.

Perencanaan matang ketika memulai usaha akan meminimalisir kesalahan terlebih lagi kegagalan. Perlu diketahui bahwa kebanyakan pelaku usaha yang mengalami kegagalan merupakan akibat dari perencanaan yang kurang baik. Tujuannya untuk mengetahui lokasi manakah yang sekiranya memiliki potensi bagus untuk mengembangkan bisnis Anda.

Berkembang dalam bentuk inovasi dan kreasi guna menciptakan dinamika wirausaha atau dunia usaha sehingga tercapai kesejahteraan. Pengusaha adalah pengambil risiko yang dibutuhkan untuk mengatur dan mengelola bisnis dan menerima manfaat finansial atau non-moneter. Menurut Prawirokusumo Entrepreneur adalah mereka yang melakukan upaya kreatif dan inovatif dengan mengembangkan ide dan mengumpulkan sumber daya untuk mencari peluang dan meningkatkan kehidupan.

Dana modal cadangan berguna untuk mengantisipasi bila terjadi masalah pada usaha Anda. Sebab setiap usaha memiliki resiko kesalahan dan kegagalan. Tips memulai usaha lainnya yakni sangat dianjurkan pula untuk memiliki modal sendiri, bukan modal pinjaman. Usaha Anda belum meraih keuntungan besar namun setiap bulan harus mengangsur pinjaman plus bunganya yang tak sedikit. Dengan demikian, Anda bisa memiliki strategi persaingan dengan para pesaing sejenis.