Menu Close

Crazy Wealthy Sahabat Raffi Ahmad Ternyata Memulai Usaha Dari Bawah

Berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, mengetahui bahwa sebagian besar bisnis gagal? Anda tidak perlu gelar sarjana, banyak uang di bank atau bahkan pengalaman bisnis untuk memulai sesuatu yang dapat menjadi sukses besar berikutnya. Namun, apa yang Anda butuhkan adalah rencana yang kuat dan dorongan untuk melihatnya. Ini karena tidak semua orang bisa menghasilkan karya seni seperti itu.

Anda dapat belajar ilmu terbaru yang bersumber dari internet, teman bahkan anda tak perlu malu belajar dengan wirausaha lain tentang hal baru meskipun wirausaha tersebut belum sepengalaman anda. Namun, kalau Anda sudah menyadari risikonya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semakin maju usaha Anda, reputasi Anda semakin dipertaruhkan. Karena itu, sambil menjaga kelangsungan bisnis, Anda juga harus terus menjaga reputasi. Lokasi yang ramai diyakini akan membuat usahamu cepat dikenal dan menarik banyak peminat.

Konsepnya bisa berupa lesehan atau warung duduk yang menjual aneka macam snack dan minuman utama yang bikin melek, yaitu kopi. Warkop anda akan diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka pergi bekerja atau ketika waktu istrirahat kerja. Namun kebanyakan orang selalu membelinya dalam jumlah banyak untuk dibawa pulang sebagai cemilan bersama teman atau keluarga. Jalan keluar kembali terbuka saat salah satu temannya memberi saran untuk memelihara dan menjual telur ayam negeri.

Salah menentukan harga pasar bisa membuat pelanggan cek toko sebelah dan tidak kembali lagi karena kamu memberikan harga terlalu mahal. Akhirnya saya terinspirasi dari situs Amazon.com yang saat itu sudah populer sebagai web site toko buku on-line yang berhasil di Amerika. Jawabannya pun beragam, tergantung dari besaran modal di awal. Misal Anda hanya memiliki sedikit modal atau bahkan sama sekali tidak memiliki modal, Anda bisa memulai dengan menjadi dropshipper untuk bisnis orang lain. Oleh karena itu, usaha jasa cuci mobil dan motor memiliki peluang yang cukup menjanjikan untuk ditekuni. Untuk memulai bisnis fashionable dengan modal kecil ini memerlukan modal usaha hanya Rp2 juta apabila sudah ada tempat sendiri untuk memulai usaha.

Memulai usaha dari bawah

Untuk itu pada tahap awal, Anda dapat mencoba usaha dagang di lingkungan sekitar saja terlebih dahulu sambil mencari informasi dagang luar daerah. Menjaga nama baik harus dilakukan sejak awal menjalankan bisnis dagang Anda. Karena hal ini akan memberikan dampak yang luar biasa pada perkembangan bisnis Anda dimasa yang akan datang. Kita bisa memesan produknya dari supplier di China melalui Alibaba.com. Selain itu juga bisa dilakukan meskipun anda bukan orang Amerika. Yang terpenting, produk tersebut harus “habis” terpakai dalam hitungan minggu atau hari.