Menu Close

5 Cara Memulai Usaha Dari Bawah

Banyak bisnis yang mempunyai konsep produk bagus namun kesulitan dalam menentukan pangsa pasar. Beberapa kesalahan yang biasa dilakukan dalam menentukan pangsa pasar adalah memilih tempat bisnis dimana tempat tersebut terdapat banyak pesaing produk barang sejenis. Berbisnis merupakan salah satu cara kita untuk mendapatkan uang yang banyak, apalagi di tengah lesunya perekonomian dunia akibat pandemi COVID-19. Tak heran jika banyak sekali masyarakat yang berbondong-bondong untuk membuka bisnisna masing-masing, mulai dari bisnis makanan hingga kerajinan tangan.

Dengan demikian, ketika pelanggan mengajukan komplain, kamu dapat memberikan win-win resolution, dan kekecewaan pelanggan kamu bisa terobati. Selain itu, kamu bisa mempertahankan picture baik dari usaha yang sudah kamu bangun. Dari hasil riset pasar, kamu dapat mengetahui persis produk apa yang tepat bagi target pasar yang ingin kamu tuju. Passion memang penting, tetapi kamu juga perlu mempelajari tren yang sedang berkembang, mengamati hal-hal yang sedang disukai banyak orang saat ini.

Memulai usaha dari bawah

Dengan selalu up-to-date mengikuti perkembangan development, kamu akan bisa mengarahkan rencana usaha kamu ke arah yang sesuai, sehingga tidak ketinggalan jaman. Passion merupakan salah satu hal terpenting dalam memulai usaha dari nol dan mengelolanya hingga tumbuh besar. Dengan ardour, maka kamu akan lebih mudah memantapkan niat untuk merintis usaha tersebut, karena sudah ada ketertarikan dari dalam diri sendiri.

Yang dulunya bisa ke mall setiap minggu, atau berlibur ke setahun dua kali, sekarang harus dikurangi, atau bahkan dihapuskan sama sekali demi berhemat untuk keuangan usaha. Pengalaman orang sukses ini menjadi reminder yang kuat, menjadi pemompa semangat, ketika sedang lelah atau gundah. Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi masalah.

Banyak orang mengatakan jika bisnis dapat dilakukan tergantung berapa banyak modal yang dimiliki. Sepertinya, pendapat tersebut perlu dikoreksi karena tidak tepat sepenuhnya. Dalam hal ini, kamu bisa mengandalkan aplikasi kasir on-line Pawoon yang tidak hanya akan membantu proses transaksi pada bisnis kamu jadi lebih mudah dan cepat. Kekurangan modal ini bisa disebabkan karena biaya produksi dan operasional yang tinggi, tapi tidak disertai dengan pemasukan yang memadai. Misalnya, karena pengusaha mematok harga jual yang terlalu rendah supaya produk yang dijual bisa diterima dan laku di pasaran. Selain itu, sulitnya mencari sumber pendanaan, seperti pinjaman bank juga bisa jadi penyebab kegagalan dalam berbisnis.